بسم الله الرحمن الرحيم
Imam
Asy-Syafi`i rahimahullah
Adapun nukilan dari
Imam Asy-Syafi`i adalah lebih banyak dan lebih baik, dan pengikut beliau adalah
lebih banyak mengamalkan pesan beliau tersebut dan lebih beruntung.
Berkata Ibnu Hazm
(VI/118) :
“Sesungguhnya para
ahli fiqih yang diikuti tersebut menganggap taqlid itu merupakan hal yang
bathil. Sungguh, mereka telah mencela sahabat-sahabat mereka untuk bertaqlid
kepada diri mereka, dan yang paling keras melarang hal
ini adalah Imam Asy-Syafi`i, beliau rahimahullah menegaskan dengan sangat untuk mengikuti hadits-hadits yang shahih dan berpegang pada apa yang digariskan oleh hujjah, tidak sebagaimana imam yang lainnya tidak sekeras beliau. Beliau berlepas diri dari orang-orang yang bertaqlid dengan beliau secara umum, dan beliau mengumumkan sikap beliau tersebut. Semoga Allah memberikan manfaat melalui beliau, dan memperbanyak ganjaran pahala bagi beliau, beliau telah menjadi sebab adanya kebaikan yang banyak.”
ini adalah Imam Asy-Syafi`i, beliau rahimahullah menegaskan dengan sangat untuk mengikuti hadits-hadits yang shahih dan berpegang pada apa yang digariskan oleh hujjah, tidak sebagaimana imam yang lainnya tidak sekeras beliau. Beliau berlepas diri dari orang-orang yang bertaqlid dengan beliau secara umum, dan beliau mengumumkan sikap beliau tersebut. Semoga Allah memberikan manfaat melalui beliau, dan memperbanyak ganjaran pahala bagi beliau, beliau telah menjadi sebab adanya kebaikan yang banyak.”
Di antara perkataan
beliau :
Pertama
مَا مِنْ أَحَدٍ إِلَّا وَتَذْهَبُ عَلَيْهِ سُنَّتٌ لِرَسُوْلِ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَتَعْزُبُ عَنْهُ, فَمَهْمَا قُلْتُ مِنْ
قَوْلٍ, أَوْ أَصَّلْتُ مِنْ أَصْلٍ فِيْهِ عَنْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خِلَافَ مَاقُلْتُ, فَلْقَوْلُ مَا قَالَ رَسُوْلُ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَقَوْلِـيْ.
“Tidak ada seorang pun, kecuali ia memiliki kemungkinan untuk lupa terhadap Sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan bersembunyi darinya. Setiap perkataanku atau setiap ushul (asas) yang saya letakkan, kemudian ternyata riwayat dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyelisihi perkataanku maka pendapat yang harus diikuti itu adalah apa yang disabdakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dan aku pun berpendapat dengannya.”
Diriwayatkan oleh
al-Hakim dengan sanad beliau yang bersambung sampai kepada Asy-Syafi`i,
sebagaimana terdapat dalam Taariikh Dimasyqa karya Ibnu `Asakir
(15/1/3), I`laamul Muwaqqi`iin (II/363, 364), dan al-Iiqaash (hal.
100).
Kedua
أَجْـمَعَ الْمُسْلِمُوْنَ عَلَى أنَّ مَنِ اسْتَـبَانَ لَهُ سُنَّةٌ عَنْ
رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَـمْ يَـحِلَّ لَهُ أَنْ
يَدَعَهَالِقَوْلِ أَحَدٍ.
“Kaum muslimin telah ijma` bahwasannya barangsiapa yang mengetahui dengan jelas suatu Sunnah dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, maka tidak halal baginya untuk meninggalkan Sunnah tersebut karena perkataan (pendapat) seseorang.”
Diriwayatkan oleh
Ibnul Qayyim (II/361) dan al-Filani (hal. 68)
Ketiga
إِذَا وَجَدْتُمْ فِـيْ كِتَابِيْ خِلَافَ سُنَّةِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُوْلُوْا بِسُنَّةِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَدَعُوْا مَاقُلْتُ. (وَفِـيْ رِوَايَةٍ : فَاتَّبِعُوْ هَا
وَلَا تَلْتَفِتُوْا إِلَى قَوْلِ أَحَدٍ).
“Apabila kalian menjumpai dalam kitabku hal yang bertentangan dengan Sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, maka berpendapatlah kalian sesuai dengan Sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dan tinggalkan apa yang ku katakan.” (Dalam riwayat yang lain : “Maka ikutilah Sunnah tersebut, dan jangan kalian hiraukan pendapat seorang pun”).
Diriwayatkan oleh
Al-Harawi dalam Dzammul Kalaam (III/47/1), al-Khathib dalam al-Ihtijaaj
bisy Syaafi`i (VIII/2), Ibnu `Asakir (15/9/1), an-Nawawi dalam al-Majmuu`
(I/63), Ibnul Qayyim (II/361) dan al-Filani (hal. 100). Sedangkan riwayat
yang lain adalah diriwayatkan oleh Abu Nu`aim dalam al-Hilyah (IX/107)
Ibnu Hibban dalam Shahiihnya (III/248-al-Ihsaan) dengan sanad
yang shahih dari beliau (Imam Asy-Syafi`i).
Keempat
إِذَا صَحَّ الْحَدِيْثُ فَهُوْ مَذْهَبِـيْ.
“Apabila suatu hadits telah jelas shahih, maka itulah madzhabku.”
Imam an-Nawawi dalam
referensi tersebut di atas, dan asy-Sya`rani (I/57) lalu beliau menyandarkan
kepada al-Hakim dan al-Baihaqi, dan al-Filani (hal. 107), berkata asy-Sya`rani
:
“Berkata Ibnu Hazm : ‘Maksudnya
shahih menurut beliau atau menurut imam-imam yang lainnya.’”
Kelima
أَنْتُمْ أَعْلَمُ بِالْـحَدِيْثِ وَالرِّخَالِ مِنِّـيْ, فَإِذَا كَانَ
الْـحَدِيْثُ الصَّحِيْحُ, فَأَعْلِمُوْنِيْ بِهِ أَيَّ شَيْءٍ يَكُوْنُ:
كُوْفِـيًّا أَوْبَصْرِيًّا أَوْشَامِيًّا, حَتَّى أَذْهَبَ إِلَيْهِ إِذَاكَانَ
صَحِيْحًا.
“Engkau (yang dimaksud adalah Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah) lebih tahu tentang hadits dan para perawi dibandingkan aku, apabila didapatkan suatu hadits yang shahih maka beritahu aku, dari mana pun hadits tersebut berasal, baik dari orang Kufah, Bashrah, ataupun Syam, sehingga aku bisa berpendapat dengannya, apabila hadits itu shahih.”
Diriwayatkan oleh
Ibnu Abi Hatim dalam Aadaab asy-Syafi`i (hal. 94-95), Abu Nu`aim dalam al-Hilyah
(XI/106), dan al-Khathib dalam al-Ihtijaaj bisy Syafi`i (VIII/1),
dari beliaulah Ibnu `Asakir meriwayatkan perkataan ini (15/9/1), begitu pula
Ibnu `Abdil Barr dalam al-Intiqaa` (hal. 75), Ibnul Jauzi dalam Manaaqib
al-Imam Ahmad (hal. 499) dan al-Harawi dengan tiga sanad, dari `Abdullah
bin Ahmad bin Hanbal, dari bapaknya : “Bahwasannya asy-Syafi`i berkata
kepadanya...,” riwayat ini shahih dari beliau (Imam Ahmad). Oleh karenanya
Ibnul Qayyim menegaskan penisbatan perkataan ini kepada beliau dalam al-I`laam
(III/325), begitu pula al-Filani dalam al-Iiqaazh (hal. 152),
kemudian beliau berkata:
“Berkata al-Baihaqi :
‘Oleh karena itu beliau (Imam asy-Syafi`i) banyak mengambil hadits, beliau
telah mengumpulkan ilmu penduduk Hijaz, Syam, Yaman dan Iraq. Beliau telah
mengambil semua hadits yang shahih menurut beliau, tanpa memihak kepada salah
satu darinya, juga tidak condong kepada madzhab yang sedang dicenderungi oleh
penduduk negerinya walaupun jelas bagi mereka kebenaran itu ada pada selain
mereka. Sebelum beliau ada orang-orang yang hanya membatasi diri pada apa yang
dikenal dalam madzhab penduduk negerinya, mereka tidak bersungguh-sungguh untuk
mencari tahu kebenaran pendapat yang menyelisihi mereka, semoga Allah
mengampuni kita dan mengampuni mereka juga.’”
Keenam
كُلُّ مَسْأَ لَةٍ صَحَّ فِيْهَا الْـخَبَرُ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَ أَهْلِ النَّقْلِ بِـخِلَافِ مَاقُلْتُ, فَأَنَا
رَاجِعٌ عَنْهَا فِيْ حَيَاتِـيْ وَبَعْدَ مَوْتِـيْ.
“Setiap permasalahan yang berkenaan dengannya ada hadits shahih dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menurut para ahli periwayatan (hadits), dan bertentangan dengan apa yang aku katakan, maka aku menarik kembali pendapatku, baik ketika aku hidup maupun setelah aku mati.”
Diriwayatkan oleh Abu
Nu`aim dalam al-Hilyah (IX/107), al-Harawi (47/1), Ibnul Qayyim dalam I`laamul
Muwaqqi`iin (II/363), dan al-Filani (hal. 104).
Ketujuh
إِذَا رَأَيْتُمُوْنِـيْ أَقُوْلُ قَوْلًا, وَقَدْ صَحَّ عَنِ النَّبِـيِّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خِلَافُهُ, فَاعْلَمُوْا أَنَّ عَقْلِيْ قَدْ
ذَهَبَ.
“
Apabila kalian melihat aku mengatakan suatu pendapat, sedangkan telah shahih dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam hadits yang menyelisihi pendapatku, maka ketahuilah bahwasannya akalku telah hilang.”
Apabila kalian melihat aku mengatakan suatu pendapat, sedangkan telah shahih dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam hadits yang menyelisihi pendapatku, maka ketahuilah bahwasannya akalku telah hilang.”
Diriwayatkan oleh
Ibnu Abi Hatim dalam Aadaab asy-Syafi`i (hal. 93), Abul Qasim
as-Samarqandi dalam al-Amaalii, sebagaimana yang ditulis dalam al-Muntaqa
(ringkasan dari kitab tersebut), karya Abu Hafsh al-Mu`addib (234/1), Abu
Nu`aim dalam al-Hilyah (IX/106), dan Ibnu `Asakir (15/10/1), dengan
sanad yang shahih.
Kedelapan
كُلُّ مَا قُلْتُ فَكَانَ عَنِ النَّبِـيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ خِلَافُ قَوْلِـيْ مِـمَّا يَصِحُّ فَحَـدِيْثُ النَّبِـيِّ أَوْلَـى,
فَلَا تُقَلِّدُوْنِـيْ.
“Setiap apa yang aku katakan, sedangkan riwayat yang shahih dari Nabi shallallahu alaihi wasallam menyelisihi pendapatku, maka hadits Nabi adalah lebih utama, janganlah kalian bertaqlid kepadaku.”
Diriwayatkan oleh
Ibnu Abi Hatim (hal. 93), Abu Nu`aim, dan Ibnu `Asakir (15/9/2) dengan sanad
yang shahih.
Kesembilan
كُلُّ حَدِيْثٍ عَنِ النَّبِـيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَهُوَ قَوْلِـيْ
وَإِنْ لَـمْ تَسْمَعُوْهُ مِنِّـيْ.
“Setiap hadits dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, maka itu adalah pendapatku juga, walaupun kalian tidak pernah mendengarnya dariku.”
Diriwayatkan oleh
Ibnu Abi Hatim (hal. 93-94).
____________________
Keseluruhan tulisan diambil dari kitab Sifat Shalat
Nabi shallallahu alaihi wasallam, penerbit Pustaka Ibnu Katsir, cetakan ke
delapan.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar