Jumat, 18 April 2014

Perkataan Para Imam untuk Mengikuti Sunnah Nabi Bagian 2


بسم الله الرحمن الرحيم
Imam Malik bin Anas rahimahullah

Imam Malik bin Anas rahimahullah berkata :

Pertama

إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ أُخْطِئُ وَأُصِيْبُ فَانْظُرُوْا فِـي رَأْيِيْ, فَكُلُّ مَا وَافَقَ الْكِتَابَ وَالسُّنَّةَ فَخُذُوْهُ, وَكُلُّ مَا لَـمْ يَوَافِقِ الْكِتَابَ وَ السُّنَّةَ فَاتْرُكُوْهُ.
“Saya ini hanya seorang manusia, bisa salah dan bisa benar, maka telitilah pendapatku. Setiap pendapatku yang sesuai dengan al-Qur`an dan as-Sunnah,
maka ambilah pendapat tersebut, dan setiap pendapatku yang bertentangan dengan al-Qur`an dan as-Sunnah maka tinggalkanlah pendapat tersebut.”

Diriwayatkan oleh Ibnu `Abdil Barr dalam kitab al-Jaami` (II/32), Ibnu Hazm meriwayatkan juga dari beliau dalam Ushuulul Ahkaam (VI/149) demikian pula al-Filani dalam al-Iiqaazh (hal. 72).

Kedua

لَيْسَ أَحَدٌ بَعْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِلَّا وَيُؤْخَذُ مِنْ قَوْلِهِ وَيُتْرَكُ إِلَّا النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ.
“Tidak ada seorangpun sepeninggal Nabi shallallahu alaihi wasallam kecuali pendapatnya bisa diambil atau bisa juga ditolak, kecuali Nabi shallallahu alaihi wasallam.”

Perkataan ini masyhur di kalangan ulama kontemporer (sekarang) dinisbatkan kepada Imam Malik. Ibnu `Abdil Hadi menshahihkan periwayatan ini dari beliau, Irsyaadus Saalik (I/227). Dan diriwayatkan pula oleh Ibnu `Abdil Barr dalam al-Jaami` (II/91) dan Ibnu Hazm dalam Ushuulul Ahkam (VI/145, 179) dari ucapan al-Hakam bin `Utaibah dan Mujahid. Taqiyuddin as-Subki juga meriwayatkan dengan merasa takjub pada indahnya perkataan ini, dalam al-Fataawaa, dari ucapan Ibnu `Abbas, kemudian beliau (as-Subki) berkata :
“Perkataan ini diambil oleh Mujahid dari Ibnu `Abbas, kemudian Malik mengambilnya dari beliau berdua, kemudian perkataan ini menjadi masyhur dari ucapan beliau.”

Berkata Ibnu Wahab: “Saya pernah mendengar Malik ditanya tentang menyela-nyela jari kedua kaki ketika wudhu`. Beliaupun menjawab: ‘Manusia tidak wajib melakukannya.” Berkata Ibnu Wahab: “Sayapun membiarkan beliau, hingga manusia (di sekeliling beliau) berkurang (menjadi sedikit), kemudian saya berkata: ‘Menurut kami hal itu adalah Sunnah.’ Beliau (Malik) bertanya: ‘Apa dalilnya?’ Saya jawab: ‘Telah mengabarkan kepada kami al-Laits bin Sa`d dan Ibnu Luhai`ah dan `Amr bin al-Harits dari Yazid bin `Amr al-Mu`afiri, dari Abi `Abdirrahman al-Habali dari al-Mastaurid bin Syaddad al-Qurasyi, ia berkata : ‘Saya melihat Nabi shallallahu alaihi wasallam menggosok-gosok sela jari kedua kakinya dengan jari kelingking.’ Lalu beliau (Malik) berkata: ‘Hadits tersebut adalah hadits hasan, dan saya tidak pernah mendengar sebelumnya, kecuali pada saat ini.’ Kemudian setelah itu saya mendengar beliau ditanya tentang hal itu, lalu beliau memerintahkan untuk menyela jari-jemari.”

Perkataan Ibnu Wahab diriwayatkan dalam Muqaddimah al-Jarh wat Ta`diil oleh Ibnu Abi Hatim (hal. 31-32), dan diriwayatkan secara sempurna oleh al-Baihaqi dalam as-Sunan (I/81).

____________________
Keseluruhan tulisan diambil dari kitab Sifat Shalat Nabi shallallahu alaihi wasallam, penerbit Pustaka Ibnu Katsir, cetakan ke delapan.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar