بسم الله الرحمن الرحيم
Imam
Malik bin Anas rahimahullah
Imam Malik bin Anas rahimahullah
berkata :
Pertama
إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ أُخْطِئُ وَأُصِيْبُ فَانْظُرُوْا فِـي رَأْيِيْ,
فَكُلُّ مَا وَافَقَ الْكِتَابَ وَالسُّنَّةَ فَخُذُوْهُ, وَكُلُّ مَا لَـمْ
يَوَافِقِ الْكِتَابَ وَ السُّنَّةَ فَاتْرُكُوْهُ.
“Saya
ini hanya seorang manusia, bisa salah dan bisa benar, maka telitilah
pendapatku. Setiap pendapatku yang sesuai dengan al-Qur`an dan as-Sunnah,
maka ambilah pendapat tersebut, dan setiap pendapatku yang bertentangan dengan al-Qur`an dan as-Sunnah maka tinggalkanlah pendapat tersebut.”
maka ambilah pendapat tersebut, dan setiap pendapatku yang bertentangan dengan al-Qur`an dan as-Sunnah maka tinggalkanlah pendapat tersebut.”
Diriwayatkan oleh
Ibnu `Abdil Barr dalam kitab al-Jaami` (II/32), Ibnu Hazm meriwayatkan
juga dari beliau dalam Ushuulul Ahkaam (VI/149) demikian pula al-Filani
dalam al-Iiqaazh (hal. 72).
Kedua
لَيْسَ أَحَدٌ بَعْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِلَّا
وَيُؤْخَذُ مِنْ قَوْلِهِ وَيُتْرَكُ إِلَّا النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ
سَلَّمَ.
“Tidak
ada seorangpun sepeninggal Nabi shallallahu alaihi wasallam kecuali pendapatnya
bisa diambil atau bisa juga ditolak, kecuali Nabi shallallahu alaihi wasallam.”
Perkataan ini masyhur
di kalangan ulama kontemporer (sekarang) dinisbatkan kepada Imam Malik. Ibnu `Abdil
Hadi menshahihkan periwayatan ini dari beliau, Irsyaadus Saalik (I/227).
Dan diriwayatkan pula oleh Ibnu `Abdil Barr dalam al-Jaami` (II/91) dan
Ibnu Hazm dalam Ushuulul Ahkam (VI/145, 179) dari ucapan al-Hakam bin
`Utaibah dan Mujahid. Taqiyuddin as-Subki juga meriwayatkan dengan merasa
takjub pada indahnya perkataan ini, dalam al-Fataawaa, dari ucapan Ibnu
`Abbas, kemudian beliau (as-Subki) berkata :
“Perkataan ini
diambil oleh Mujahid dari Ibnu `Abbas, kemudian Malik mengambilnya dari beliau
berdua, kemudian perkataan ini menjadi masyhur dari ucapan beliau.”
Berkata Ibnu Wahab: “Saya
pernah mendengar Malik ditanya tentang menyela-nyela jari kedua kaki ketika
wudhu`. Beliaupun menjawab: ‘Manusia tidak wajib melakukannya.” Berkata Ibnu
Wahab: “Sayapun membiarkan beliau, hingga manusia (di sekeliling beliau)
berkurang (menjadi sedikit), kemudian saya berkata: ‘Menurut kami hal itu adalah
Sunnah.’ Beliau (Malik) bertanya: ‘Apa dalilnya?’ Saya jawab: ‘Telah
mengabarkan kepada kami al-Laits bin Sa`d dan Ibnu Luhai`ah dan `Amr bin
al-Harits dari Yazid bin `Amr al-Mu`afiri, dari Abi `Abdirrahman al-Habali dari
al-Mastaurid bin Syaddad al-Qurasyi, ia berkata : ‘Saya melihat Nabi shallallahu
alaihi wasallam menggosok-gosok sela jari kedua kakinya dengan jari
kelingking.’ Lalu beliau (Malik) berkata: ‘Hadits tersebut adalah hadits hasan,
dan saya tidak pernah mendengar sebelumnya, kecuali pada saat ini.’ Kemudian
setelah itu saya mendengar beliau ditanya tentang hal itu, lalu beliau
memerintahkan untuk menyela jari-jemari.”
Perkataan Ibnu Wahab
diriwayatkan dalam Muqaddimah al-Jarh wat Ta`diil oleh Ibnu Abi Hatim
(hal. 31-32), dan diriwayatkan secara sempurna oleh al-Baihaqi dalam as-Sunan
(I/81).
____________________
Keseluruhan tulisan diambil dari kitab Sifat
Shalat Nabi shallallahu alaihi wasallam, penerbit Pustaka Ibnu Katsir,
cetakan ke delapan.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar